Home » Kelebihan besi beton untuk konstruksi

Kelebihan besi beton untuk konstruksi

by hello sydney

Di era yang serba modern ini berbagai jenis bangunan seperti rumah atau gedung bertingkat, jembatan, konstruksi jalan dan yang lainnya membutuhkan besi beton untuk pembangunannya. Besi beton ini merupakan material yang paling umum digunakan dalam proyek konstruksi bangunan dan juga dikenal dengan nama baja tulangan atau besi tulangan di pasaran. 

Berdasarkan fisiknya, besi beton dapat dibedakan menjadi besi beton polos dan besi beton ulir. Besi beton polos (plain rebar atau reinforced bar) merupakan baja tulangan yang memiliki permukaan yang rata atau tidak bersirip. Sedangkan, besi beton ulir (deformed bar) merupakan baja tulangan yang memiliki ciri yaitu bersirip melintang dengan permukaan yang bercorak spiral. Kedua jenis besi ini memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing, untuk mengetahuinya yuk simak informasi dibawah ini!

Besi beton polos 

Besi ini cenderung memiliki struktur mikro yang lebih renggang dibandingkan dengan besi beton ulir. Selain itu, besi beton polos memiliki sifat baja yang cenderung  lebih  lunak  dibandingkan dengan besi beton ulir dengan rata-rata hasil kekuatan tarik (TS – Tensile Strength) besi beton polos 280 N/mm2. Besi beton polos memiliki beragam ukuran diameter mulai dari 6mm-25mm yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan konstruksi. Salah satu ukuran besi beton yang sering digunakan dipasaran adalah 10mm x 12M. Cek disini untuk mengetahui Informasi harga besi 10 .

Fungsi Besi Beton Polos

  • Besi beton polos biasanya digunakan untuk tulangan konstruksi skala kecil hingga besar, seperti jembatan, bangunan hunian, jalanan dll
  • Digunakan sebagai besi begel yang bertujuan untuk mengikat batang-batang besi ulir sehingga membentuk rangka-rangka beton.

Kelebihan Besi Beton Polos

  • Tahan terhadap tekanan dan getaran sehingga cocok digunakan dalam berbagai jenis konstruksi
  • Relatif tahan lama atau lebih awet.
  • Memiliki daya tahan tinggi dan kuat terhadap air sehingga tidak mudah berkarat
  • Selain tahan terhadap air, material ini juga tahan terhadap api, sehingga material ini tidak mudah mengalami kerusakan bila digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Fleksibel dan mudah untuk ditekuk atau dibentuk sesuai kebutuhan.

Besi beton ulir

Besi beton ulir adalah baja tulangan beton yang permukaannya memiliki sirip/ulir melintang dan memanjang yang bertujuan untuk menyatukan elemen bahan bangunan dengan rangka yang disusun oleh besi beton ulir tersebut. Permukaan besi beton ulir dibuat memiliki sirip yang bertujuan untuk mencegah puntiran. Semakin besar permukaan baja yang terkena adhesi beton, maka semakin kuat ikatannya. Adhesi beton adalah gaya tarik menarik antara permukaan baja dengan beton, adhesi akan mengakibatkan permukaan baja dan beton saling melekat bila dicampurkan. Selain itu, Kelekatan beton tergantung pada kekasaran permukaan baja, jadi semakin kasar baja semakin baik pula daya rekatnya.

Fungsi Besi Beton Ulir

  • Besi ulir sering digunakan untuk pembangunan konstruksi dan infrastruktur yang membutuhkan daya tarik yang kuat seperti gedung pencakar langit. 
  • Besi ulir juga digunakan sebagai tulangan utama dalam pembuatan beton bertulang. Alasan utama besi beton ulir ini digunakan karena dapat mengait dengan kuat. 
  • Digunakan untuk kebutuhan pembangunan jembatan, karena besi beton ulir mempunyai ikatan yang kuat diantara tulang-tulangnya. Daya ikat dari besi beton ulir juga memiliki fungsi untuk meredam atau menahan berbagai gerakan dari batang terhadap bahan beton.

Kelebihan Besi Beton Ulir

  • Memiliki daya ikat yang lebih tinggi daripada besi beton polos.
  • Tidak mudah bengkok sehingga sangat cocok digunakan untuk tulangan memanjang.
  • Memiliki kekuatan tarik yang lebih besar daripada besi beton polos minimal sebesar 420 N/mm2
  • Memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap air dan api.
  • Memiliki sifat awet dan tahan lama karena besi beton ulir biasanya mengalami proses pemadatan semen yang membuat besi beton ulir semakin lama semakin keras.
  • Biaya perawatannya yang murah sehingga tidak perlu membutuhkan perawatan karena memang sudah menyatu dengan sebuah struktur

Untuk kebutuhan konstruksi Anda, pilihlah toko besi yang terpercaya agar anda mendapatkan produk besi beton dengan kualitas SNI dan harga yang terbaik. Informasi lengkap untuk harga dan berat besi beton bisa cek langsung disini. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Videos

Leave a Comment